Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 3, No 1 (2016): Pedagogi

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN WAKTU DENGANMENERAPKAN MODEL PEMBELAJARANPAKEM SISWA KELAS II SD

Susilawati Susilawati (SDN 1 Subang)



Article Info

Publish Date
09 May 2018

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsep siswa dalam pembelajaran matematika kelas II SDN 1 SubangĀ  selama proses pembelajaran melalui metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan tindakan dua siklus. Hasil rata-rata skor angket kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika sebanyak 15 siswa atau sebesar 78,9% adalah baik, dan siswa yang kurang baik sebanyak 4 siswa atau sebesar 21% pada siklus I sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 17 siswa atau sebesar 89,47% adalah baik, dan siswa yang kurang baik sebanyak 2 siswa atau sebesar 10,5%. Temuan hasil penelitian semakin menegaskan bahwa dengan penerapan pembelajaran melalui metode demonstrasi yang dicobakan, siswa lebih senang belajar matematika, kepercayaan diri siswa meningkat, dan siswa tidak lagi ragu-ragu setiap kali mengemukakan pendapat atau menanyakan sesuatu kepada gurunya. Keaktifan belajar siswa dalam menerima pelajaran menjadi lebih meningkat.Kata Kunci: Prestasi Belajar Matematika, Pengukuran Waktu, Model Pembelajaran Pakem

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...