Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 4, No 2 (2017)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENGERTIAN DAN PENTINGNYA PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TINGKAT PUSAT DAN DAERAH MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN 1 CIANGIR TAHUN PELAJARAN

Carki S.Pd (SDN Ciangir Kabupaten Kuningan)



Article Info

Publish Date
08 May 2018

Abstract

Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas melalui Metode Bermain Peran dengan Media Kartu Bergambar. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Ciangir Kecamatan Cibingbin tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur penelitian yang dilakukan pada setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Jenis data yaitu data kuantitatif yang berupa nilai hasil belajar dan data kualitatif yang berupa data hasil pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa dan performansi guru. Sumber data diambil dari siswa, guru, dan data dokumen. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan nontes. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu ketuntasan hasil belajar mencapai 75%, nilai rata-rata 70, aktivitas belajar siswa meningkat, dan nilai performansi guru minimal B. Hasil penelitian pada siklus I yaitu ketuntasan belajar siswa mencapai 72% dengan nilai rata-rata sebesar 74,60, sedangkan aktivitas belajar siswa sebesar 72,43% dan nilai performansi guru sebesar 79,06. Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa mencapai 92% dengan nilai rata-rata sebesar 81,40, sedangkan aktivitas belajar siswa sebesar 77,42% dan nilai performansi guru mencapai 84,58. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 20,22%, nilai rata-rata meningkat sebesar 9,17, aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 4,99%, sedangkan nilai performansi guru meningkat sebesar 5,52. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa melalui Metode Bermain Peran dengan Media Kartu Bergambar dapat meningkatkan performansi guru, serta aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Ciangir Kecamatan Cibingbin tahun ajaran 2017/2018 pada mata pelajaran PKn pada materi Pengertian dan Pentingnya Peraturan Perundang-Undangan Tingkat Pusat dan Daerah. Kata Kunci : Melalui Metode Bermain Peran dengan Media Kartu Bergambar, Hasil Belajar, PKn.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...