Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 3, No 2 (2016): Pedagogi

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI KISAH NABI IBRAHIM AS DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ENQUIRY-DISCOVERY LEARNING TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Yayah Juhaeriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2016

Abstract

Prestasi belajar merupakan tolak ukur keberhasilan dalam pembelajaran, melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu upaya  untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. PTK yang berjudul “  Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Materi Kisah Nabi Ibrahim AS  dengan Menggunakan Model Pembelajaran EnquiryDiscovery Learning“ memuat rumusan masalah sebagai berikut : 1. Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI materi  Kisah Nabi Ibrahim AS  dengan Menggunakan Model Pembelajaran Enquiry-Discovery Learning ?, 2. Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran EnquiryDiscovery Learning dalam  pembelajaran PAI materi  Kisah Nabi Ibrahim AS,  3. Bagaimana prestasi hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI materi Kisah nabi Ibrahim AS  setelah digunakan Model Pembelajaran Enquiry-Discovery Learning?. Data yang diperlukan penulis peroleh melalui penelitian dengan cara melakukan  tindakan kelas dan wawancara dengan guru observer. Setelah dianalisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: A. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Kisah nabi Ibrahim AS , B. Perencanaan pembelajaran PAI materi Kisah nabi Ibrahim AS  dengan menggunakan Model Pembelajaran Enquiry-Discovery Learning yaitu mempersiapkan media yang diperlukan dalam pembelajaran tersebut, C. Menerapkan Model Pembelajaran Enquiry-Discovery Learning dalam proses pembelajaran PAI materi Kisah nabi Ibrahim AS. Pembelajaran dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dibahas Kisah nabi Ibrahim  AS dengan menggunakan media cerita bergambar kisah Nabi Ibrahim AS. Siklus II sebagai perbaikan dari siklus I dengan lebih menambah penggunaan alat peraga memutar film kartun kisah nabi Ibrahim AS pada layar lebar infokus dalam proses pembelajaran model  EnquiryDiscovery Learning. Hipotesa  teruji kebenarannnya yang mengasumsikan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Kisah Nabi Ibrahim AS meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan merapkan model pembelajaran Enquiry-Discovery Learning.Kata Kunci: Prestasi Belajar, Enquiry-Discovery Learning

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...