Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 4, No 1 (2017)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS MONOLOG NARRATIVE CERITA LOKAL DAN INTERNASIONAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH

Evi Octavia Nadjamoeddin (SMPN 4 Ciawigebang)



Article Info

Publish Date
29 May 2017

Abstract

 Salah satu upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris pada Kemampuan Menulis Teks monolog narrative di sekolah adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi kelas, salah satunya adalah Model Pembelajaran Make a Match.Model pembelajaran ini akan membantu siswa dalam membangun sikap positif terhadap pelajaran Bahasa Inggris khususnya pada Kemampuan Menulis Teks monolog narrative. Hal ini didasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulkan :Pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik make a match dalam pembelajaran Bahasa Inggris Kemampuan Menulis Teks monolog narrative cerita lokal dan internationalpada siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Ciawigebang , adanya peningkatan dengan prosentase kebehasilan pada siklus I: 71.25% dengan katagori keberhasilan Sedang,  meningkat pada  siklus II yaitu 93.75% dengan katagori keberhasilan  Sangat BaikModel pembelajaran kooperatif teknik make a match telah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris Kemampuan Menulis Teks monolog narrative cerita lokal dan international pada siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Ciawigebang , hal ini dengan adanya peningkatan  prosentase kebehasilan yaitu pada Siklus I hanya mencapai rata-rata: 66.67 % katagori Sedang meningkat pada  siklus II yaitu 90%., maka termasuk katagori keberhasilan  Sangat Baik.Model pembelajaran kooperatif teknik make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris Kemampuan Menulis Teks monolog narrative cerita lokal dan international pada siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Ciawigebang , hal ini dapat dilihat adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa untuk setiap siklus. Rata-rata skor hasil belajar Pra Siklus : 63.38 siklus I : 70.59 dan Siklus II : 78.24 dengan Prosentase Ketuntasan Pra Siklus : 44.12%,  siklus I : 58.82% dan Siklus II : 88.24%.Dengan demikian Model Pembelajaran Make A Matchdapat Meningkatkan aktivitas belajar siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris khususnya pada kemampuan menulis. Kata Kunci;  Kemampuan Menulis, Model Pembelajaran Make A Match

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...