Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 4, No 2 (2017)

FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR

Sri Ratnawati (SDN Unggulan Kab Kuningan)



Article Info

Publish Date
08 May 2018

Abstract

Learning disorders atau kesulitan belajar pada anak  sangat erat kaitannya dengan pencapaian hasil belajar atau akademik siswa dan juga aktifitas sehari- hari. Anak yang mengalami kesulitan belajar adalah yang memiliki gangguan satu atau lebih dari proses dasar yang mencakup pemahaman penggunaan bahasa lisan atau tulisan, gangguan tersebut mungkin menampakkan diri dalam bentuk kemampuan yang tidak sempurna dalam mendengarkan, berpikir, berbicara, membaca, menulis , mengeja, atau menghitung. Ciri ciri anak yang sulit memusatkan perhatian biasanya ceroboh, sulit berkonsentrasi, seperti tidak mendengarkan bila diajak bicara, gagal menyeselaikan tugas, sulit mengatur aktivitas menghindari tugas yang memerlukan pemikiran kehilangan barang- barang, perhatian mudah teralih,dan pelupa Fenomena kesulitan belajar pada seorang anak biasanya tampak jelas dari menurunnya prestasi akademik atau hasil belajarnya. Namun, kesulitan belajar juga dapat dibuktikan dengan munculnya kelainan perilaku(misbehavior)anak seperti kesukaan berteriak di dalam kelas, mengusik teman, berkelahi, dan sering tidak masuk sekolah atau gemar membolos.  Kata Kunci; Kesulitan Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...