Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA di SDN 2 Ragawacana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian pada siklus 1 adalah Hasil tes evaluasi Siklus I pertemuan 1 memperoleh rata-rata kelas sebesar 59,42, prosentase ketuntasan sebesar 25,71%, sedangakan pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 67,71 dan prosentase ketuntasan sebesar 62,85%. Sedangkan untuk siklus ke 2 Hasil penelitian pada siklus II pertemuan 1, diperoleh rata-rata kelas sebesar 72,57 dengan prosentase ketuntasan sebesar 68,57%, pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 85,45 dengan prosentase ketuntasan sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar. Kata Kunci: Pendekatan Interaktif, Prestasi Belaja
Copyrights © 2018