This research was aimed to describe the effectiveness of scientific approach to enhance conceptual understanding and scientific attitudes on mixtures separation topic. The method used was quasi experiment by using the matching only pretest-posttest control group design. The population of this research was all of seventh grade students in odd semester at SMP N 22 Bandarlampung in the academic year 2016-2017 and it was obtained class VIID and VIIB as the samples by purposive sampling. The effectiveness of scientific approach was determined by enhancement of n-gain value of students conceptual understanding and students scientific attitudes. The results showed that implementation of scientific approach was effective to enhance conceptual understanding and scientific attitudes in the learning of mixtures separation topic.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan sikap ilmiah siswa pada materi pemisahan campuran. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil SMP N 22 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016-2017 dan diperoleh kelas VIIB dan VIID sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Efektivitas pendekatan saintifik ditentukan dari peningkatan n-gain pemahaman konseptual siswa yang diuji secara statistik dengan uji-t dan peningkatan sikap ilmiah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan sikap ilmiah siswa pada materi pemisahan campuran.Kata kunci: pemahaman konseptual, pemisahan campuran, pendekatan saintifik, sikap ilmiah
Copyrights © 2017