The aim of this research is to describe the effectiveness of the learning model of guided inquiry to improve prediction and to formulate hypotheses skills in acid-base concept. This research uses a pre-experimental method with One Group Pretest Posttest Design. Subjects in this study were students of class XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandar which amounts to 29 students. The data of this study is the prediction and to formulate hypotheses skills. The results showed the average value of n-Gain of prediction skills and formulate hypotheses 0,49 and 0.56 (medium category). Based on the results of the data analysis, showed that the guided inquiry learning model is effective in improving the prediction skills and to formulate hypotheses of class XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandar LampungPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan merumuskan hipotesis pada materi asam-basa. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan One Group Pretest Postest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung yang berjumlah 29 siswa. Data penelitian ini adalah keterampilan prediksi dan merumuskan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rerata nilai n-Gain keterampilan prediksi dan keterampilan merumuskan hipotesis yaitu 0,49 dan 0,56 (kategori sedang). Berdasarkan hasil analisis data tersebut, menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan merumuskan hipotesis siswa kelas XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandar LampungKata kunci: keterampilan prediksi, merumuskan hipotesis, pembelajaran inkuiri terbimbing.
Copyrights © 2013