Annual Research Seminar
Vol 2, No 2 (2016): Special Issue : Penelitian, Pengabdian Masyarakat

Penggunaan Media Animasi Untuk Penanaman Pola Berfikir Komputasional Pada Siswa SMA di Palembang

Muhammad Fachrurrozi (Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sriwijaya)
Novi Yusliani (Unknown)
Osvari Arsalan (Unknown)
Kanda Januar Miraswan (Unknown)
Anna Dwi Marjusalinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2017

Abstract

Pemikiran komputasional, pertama kali dikemukakan oleh Jeannette Wing dalam penelitiannya, merupakan salah satu kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh setiap orang. Kemampuan ini sama pentingnya dengan kemampuan membaca, menulis dan aritmatika yang harus dimiliki oleh setiap orang [1]. Namun, saat ini teknik yang digunakan untuk mengajarkan materi pemikiran komputasional ini masih menjadi kendala. Riset dilakukan terhadap Siswa-siswa SMA di Palembang dengan memberikan permasalahan komputasional. Siswa diajarkan untuk mencari pemecahannya dengan 2 teknik yaitu dengan penyelesaian menggunakan pemrograman dan dengan menggunakan media animasi. Hasilnya, kecenderungan siswa lebih memilih pemecahan masalah menggunakan media animasi disbanding dengan pemrograman. Selain media animasi dirasakan lebih menarik juga teknik ini lebih mudah untuk disampaikan.

Copyrights © 2016