E-commerce merupakan kesatuan teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik. Meskipun manfaat E-commerce bagi UKM sangat besar, saat ini hanya sedikit UKM yang telah mengadopsi Ecommerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana penerimaan teknologi e-commerce pada UMKM kain tenun songket Kota Palembang dengan menggunakan model TAM dan menambahkan variabel social influence. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara pada 25 UMKM kain tenun songket yang telah menerapkan e-commerce pada proses bisnisnya. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan regresi linier berganda (multiple linier regression) dan diperoleh hasil perceived usefulness, perceived ease of use, dan social influence berpengaruh terhadap intention to use e-commerce technology.
Copyrights © 2017