Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fisika pokok bahasan Gaya Pegas Siswa XI IPA 6 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mataram Melalui Pendekatan Cooperatife Learning Tipe Jigsaw Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaa, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas XI IPA 6 SMAN 2 Mataram yang berjumlah 40 orang, 20 orang perempuan dan 20 orang laki-laki, pokok bahasan Gaya Pegas Tahun Pelajaran 2016/2017. Data motivasi siswa diperoleh melalui angket yang dianalisis dengan sturges dan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes berupa tes objektif (pilihan ganda). Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning tipe Jigsaw mengalami peningkatan prosentase motivasi tinggi dari siswa sebesar 27,5 % pada siklus I menjadi 65 % pada silus II dan penurunkan prosentase siswa yang bermotivasi rendah dari 57,5 % pada siklus I menjadi 17,7 % pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 64,85 pada siklus I menjadi 94,00 pada siklus II, dan ketuntasan klasikal juga meningkat dengan menggunakan pendekatan Coopertive Learning tipe Jigsaw sebesar 52,5 % pada siklus menjadi 90,0 %. pada siklus II.
Copyrights © 2018