Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2018)

Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Turnamen Kelompok Perorangan (TKP) Peserta Didik Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Narmada

Hedi Hatadi (Guru Biologi, Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Narmada)



Article Info

Publish Date
06 May 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mempelajari pengaruh pembelajaran kooperatif model Turnamen Kelompok Perorangan (TKP) dalam meningkatkan kerjasama dan hasil belajar peserta didik  kelas XI IIS1 SMA Negeri 1 Narmada. Sampel penelitian ini adalah 34 peserta didik peserta Lintas Minat Biologi Kelas XI IIS1 SMA Negeri 1 Narmada. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif kualitatif yang berhubungan dengan keberhasilan proses maupun hasil belajar. Sementara data yang bersifat kuantitatif seperti nilai tes dianalisis dengan teknik kuantitatif sederhana, yakni dengan membandingkan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran kooperatif model TKP dapat meningkatkan kerja sama peserta didik dalam berdiskusi maupun turnamen kelompok. Hal ini terlihat dari kategori kerja sama yang masih rendah pada siklus I, terjadi peningkatan menjadi kategori tinggi pada siklus II dan III. Peningkatan tersebut meliputi (a) pemecahan persoalan dari LKPD yang diberikan guru; (b) transfer pengetahuan dari peserta didik yang memahami materi kepada peserta didik lain yang belum memahami materi. Secara umum, peningkatan kualitas proses belajar peserta didik tampak pada munculnya kegairahan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran khususnya dalam menghadapi turnamen. Implementasi pembelajaran kooperatif model TKP dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif.  Hal  ini  ditunjukkan  dengan meningkatnya  nilai  rata-rata  postest  hasil  belajar  peserta didik dari  rata-rata 67,35 dengan prosentase ketuntasan secara klasikal 58,82 % pada siklus I,  menjadi rata-rata 75,29 dengan ketuntasan klasikal 79,41 % pada siklus II, menjadi  sebesar 80,59 dengan prosentase ketuntasan secara klasikal 88,23 % pada siklus III.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...