Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2017)

PENGARUH SUPERVISI YANG DILAKSANAKAN OLEH PENGAWAS SEKOLAH DAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SDN DI KECAMATAN JONGGAT

Siti Aisyah (Program Studi Magister Administrasi Pendidik)
Rusdiawan Rusdiawan (Program Studi Magister Administrasi Pendidikan)
Sudirman Sudirman (Program Studi Magister Administrasi Pendidikan)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah terhadap kinerja guru SDN di Kecamatan Jonggat. Dari 458 orang guru ditentukan smapel penelitian sebanyak 82 orang dari 61 SDN di Kecamatan Jonggat. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan angket sebagai instrumennya. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda dengan uji F. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil uji hipotesisi (1) hasil pengujian hipotesis tentang supervisi yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah terhadap kinerja guru ditemukan koefisien korelasi determinasi (R2) = 0,988 signifikansi dengan 0,00. Besarnya kontribusi supervisi yang dilaksanakan pengawas sekolah terhadap kinerja guru sebesar 96,0 % dan model hubungannya ditunjukkan dengan persamaan regresi :Ŷ=30,47+ 1,96X1.(2) hasil pengujian hipotesis tentang pengaruh supervisi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru ditemukan koefisien korelasi determinasi (R2)= 0,985 signifiikansi dengan 0,03. Besarnya kontribusi supervisi yang dilaksanakan  kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 97,0% dan model hubungannya ditunjukkan dengan persamaan regresi : Ŷ= 2,84+ 1,14X2. (3) hasil pengujian hipotesisi tentang supervisi yang dialaksanakan oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru ditemukan koefisien korelasi determinasi (R2) = 0,992 signifikan dengan 0,00. Besarnya kontribusi supervisi yang dilaksanakan pengawas sekolah dan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 98,4% dan model persamaan regresi Ỹ = 17,50 + 1,14X1 + 0,49X2.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...