Jurnal Teknoinfo
Vol 14, No 2 (2020): Juli

EDUGAMES N-RAM UNTUK PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA ANAK USIA DINI

Taufik Ridwan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Endang Hidayat (Universitas Pendidikan Indonesia)
Zaenal Abidin (Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2020

Abstract

Perkembangan dan pertumbuhan pada anak harus distimulasi dengan baik. Pada umumnya anak mempunyai kemampuan belajar dan rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka cenderung menyukai permainan hal yang menarik perhatian untuk dimainkan.  Penelitian ini menghadirkan sebuah prototype Digital Edu Game s untuk anak yang dapat digunakan dalam membantu belajar geometri berbasis pendekatan pemecahan masalah tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Depelovment (R&D) dengan pendekatan waterfall dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalis kebutuhan game s untuk pembelajaran geometri untuk anak; (2) merancang dan membangun N-Ram untuk anak dengan pemecahan masalah berbasis kasus tertentu. Penelitian ini memiliki kebermanfaatan dalam pengembangan media pembelajaran melalui Digital Edu Game s yang dipadu dengan permainan dalam bentuk game s di gadget.  Hasil dari peneltian ini adalah untuk membuat media pembalajaran anak usia dini berbasis digital game s yang perlu dilakukan analisis mendalam mengenai kebutuhan dan ketertarikan pada anak untuk dapat bermain game s digital tersebut. Desain dari game s dapat menarik perhatian anak-anak, hal ini dapat dilihat dari tampilan user interface N-Ram yang cukup berwarna. Game s N-Ram dapat dijadikan sebagai media hiburan sekaligus media pembelajaran untuk anak-anak dalam belajar geometri. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

teknoinfo

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknoinfo is a peer-reviewed scientific Open Access journal that published by Universitas Teknokrat Indonesia. This Journal is built with the aim to expand and create innovation concepts, theories, paradigms, perspectives and methodologies in the sciences of Informatics Engineering. The ...