Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
Vol 6, No 2 (2020): Juli 2020

PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MEMBENTUK ANAK USIA DINI SENANG MEMBACA

Atik Latifah Atik Latifah (Program Magister PIAUD, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Perkembangan pada anak usia dini meliputi enam aspek perkembangan salah satunya adalah aspek bahasa, yang mana bahasa akan mengantarkan anak untuk lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain. Cara yang baik untuk mengajarkan aspek perkembangan bahsa pada anak adalah dengan mengajarinya membaca, namun pada awalnya anak di perkenalkan dulu macam-macam huruf kemudian mengajarinya cara membaca hingga mereka mampu untuk Menyusun kalimat yang kompleks. dalam pemberian pembelajaran membaca pada anak usia dini yakni dengan memberikan alat permainan edukatif (APE), pada penelitian ini digunakan permainan edukatif yang berbentuk big book, big book sendiri merupakan buku besar yang diisi dengan cerita dan warna yang menarik bagi anak. Yang mana tujuan dari pemberian big book ini adalah untuk merangsang minat membaca pada anak usia dini, pemberian ini dicontohkan terlebih dahulu oleh guru setelah itu diberikan pada anak dan anak juga diberikan kepercayaan untuk membaca yang kemudian nantinya anak akan menceritakan kembali isi cerita dari big book. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan big book memberikan dampak yang positif bagi anak yakni anak mulai tertarik untuk berperan aktif dalam kegiatan membaca.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bunayya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bunayya (Jurnal Pendidikan Anak) Terbit 6 bulan sekali (Januari dan Juli) sudah dimulai sejak juni 2015, diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini diharapkan sebagai media bagi dosen, peneliti, ...