Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
Vol 6, No 2 (2020): Juli 2020

ANALISIS PSIKOLOGI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Sukatin, Qomariyyah Yolanda Horin, Alda Afrilianti Alivia, Rosa Bella (Program Sarjana PIAUD, Fakultas Pendidkan dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Nusantara Batanghari, Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Pada masa usia anak usia dini anak mengalami masa keemasan (golden age) yang merupakan dimana anak mulai peka dan sensitive untuk menerima rangsangan atau stimulus. Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon rangsangan yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini juga merupakan masa dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motoric, bahasa, social emosional, agama dan moral. Anak dilahirkan belum bersifat sosial untuk mencapai kematangan dalam berhubungan sosial, tentang cara-cara anak menyesuaikan diri dengan orang lain, nroma-norma kelompok, dan tradisi. Sedangkan kecerdasan emosi anak usia dini bertanggung jawab terhadap harga diri, kesadaran diri, kepekaan emosional serta mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Jika kepekaan emosiaonal nya tinggi, maka akan mampu memahami berbagai pembagian perasaan yang muncul serta dapat mengenali diri sendiri. Kecerdasan emosional merupakan bentuk kemampuan diri untuk lebih proposional dalam menempatkan diri dilingkungan. Kecerdasan sosial emosional anak dapat dikembangkan dengan cara melakukan permainan, adapun pengaruh perkembangan pada anak terdapat pada teman sebaya, permainan, dan televisi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bunayya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bunayya (Jurnal Pendidikan Anak) Terbit 6 bulan sekali (Januari dan Juli) sudah dimulai sejak juni 2015, diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini diharapkan sebagai media bagi dosen, peneliti, ...