Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
Vol 4, No 2 (2018): Juli 2018

PENGARUH SENI BERNYANYI TERHADAP DAYA INGAT ANAK USIA DINI.

Samsuri - (Dosen FKIP Seni Pertunjukan Unsyiah)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2018

Abstract

Musik tidak terlepas dari proses belajar dan pembelajaran pada tingkat anak usia dini. Belajar sambil menggunakan musik seperti nyanyian pada anak usia dini sangat bermanfaat untuk menunjang hasil pembelajaran dan kreativitas siswa. Sebagai contoh, di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Taman Kanak-Kanak, pembelajaran tentang nama-nama hari sering diajarkan dan diperkenalkan oleh guru kepada siswa dengan menggunakan irama/nyanyian. Hal ini dilakukan supaya anak-anak lebih gemar dan mudah untuk mengingat nama-nama hari dengan menggunakan nyanyian dibandingkan tanpa menggunakan nyanyian. Dengan adanya nyanyian, anak-anak telihat tidak mudah bosan dan suasana kelas menjadi lebih menyenangkan. Oleh sebab itu topik penelitian ini adalah “rangsangan seni bernyanyi terhadap daya ingat pada anak usia dini”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh rangsangan seni bernyanyi terhadap daya ingat pada anak usia dini dan untuk mengetahui hasil pembelajaran dengan menggunakan nyanyian dan tidak menggunakan nyanyian. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah anak usia prasekolah di TK Nurul Qurani yaitu kelas B1 dan B2, dengan kriteria umur anak mulai dari 4-5 tahun. Adapun jumlah siswa yaitu kelas B1 berjumlah 20 dan B2 berjumlah 20. Manfaat penelitian Dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada para pendidik tentang pengaruh musik terhadap proses dan hasil pembelajaran pada anak, dapat menambah wawasan kepada para pendidik dan masyarakat tentang manfaat musik bagi kecerdasan anak, dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi dalam belajar pada anak usia dini dan sebagai masukan dan pengembangan pembelajaran untuk anak pra sekolah agar pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai macam metode dan strategi belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bunayya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bunayya (Jurnal Pendidikan Anak) Terbit 6 bulan sekali (Januari dan Juli) sudah dimulai sejak juni 2015, diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini diharapkan sebagai media bagi dosen, peneliti, ...