Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)
Vol 1 No 01 (2019): Jurnal Kajian Anak (J-Sanak)

PENILAIAN ASPEK PENGETAHUAN MELALUI JENIS PENILAIAN TES DI TK AL-FADHILLAH KABUPATEN SLEMAN DIY

Raudhah Farah Dilla (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

Tujuan dari pendidikan ada tiga yaitu ketercapaian pada aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Pengetahuan menjadi salah satu yang sangat penting dikarenakan, sikap positif akan terbentuk dari pengetahuan yang didapatkan dan diekspresikan kedalam bentuk unjuk kerja atau hasil karya peserta didik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana teknik penilaian tes terhadap aspek pengetahuan yang dilakukan oleh salah satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Sleman DIY yaitu di TK Al-Fadhillah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi dari sumber seorang guru TK Al-Fadhillah. Hasil penelitian didapatkan bahwa penilaian yang dilakukan TK-Alfadhillah dalam aspek pengetahuan menggunakan hasil karya, catatan anek dot, skala lingkup perkembangan, dan percakapan. Pada jenis penilaian tes, tes lisan yang menjadi bentuk penilaian yang paling sering dilakukan dalam mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta didik. Tes lisan yang digunakan tidak hanya mendapatkan informasi mengenai aspek pengetahun, akan tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak. Hal ini dikarenakan setiap apa yang diungkapkan anak mencerminkan sejauh mana pengetahuan yang dimiliki oleh anak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sanak

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Neuroscience

Description

jurnal kajian anak is early childhood study journal are articles of research results such as research and development quantitative qualitative experiment literature studies application of theory critical analysis studies and islamic studies of childrens education in early childhood and childrens ...