Proses pembelajaran di kampus dihentikan dan mahasiswa dihimbauuntuk belajar dari rumah sebagai langkah efektif untuk menghentikan penyebaran virus corona. Universitas Mulawarman sudah menyiapkan sebuah situs pembelajran daring yaitu MOLS. Situs ini membantu agar proses perkuliahan tetap berjalan ditengah situasi pandemi. Maka penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah sistem pembelajaran daring yang disediakan sudah efektif dan bisa menggantikan pembelajaran tatap muka di kampus dengan baik. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui pemberian kuesioner atau angket, kemudian analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa situs pembelajaran daring MOLS sudah cukup baik dan mudah di akses oleh mahasiswa. Diperlukannya peningkatan kualitas situs dengan penambahan fitur seperti audio visual (video teleconference) untuk menunjang proses pembelajaran, terutama pada mata kuliah Akutansi Biaya 2, dimana sebagian besar mahasiswa tetap memerlukan proses pembelajaran tatap muka untuk memahami materi dengan baik.
Copyrights © 2020