Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar
Vol 12 No 1 (2020): Juni 2020

PENGEMBANGAN KARTU DOMINO PECAHAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Yasa Umami Setiawan (SD Negeri Sempu 2 Kota Serang-Banten)
Indhira Asih Vivi Yandari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Aan Subhan Pamungkas (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kartu domino pecahan pada mata pelajaran matematika di kelas IV, khususnya materi pecahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Sempu 2 yang berjumlah 18 peserta didik. Pengambilan data diperoleh dengan tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan, (1) skor rata-rata dari validasi ahli dengan persentase sebesar 87,7% yang termasuk dalam kategori sangat layak (2) skor rata-rata respon peserta didik dengan persentase 90,2% yang termasuk dalam kategori sangat baik (3) skor rata-rata tes pemahaman sebesar 88,3 yang termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu domino pecahan layak digunakan dalam materi pecahan di kelas IV dan dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik kelas IV pada materi pecahan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

primary

Publisher

Subject

Education

Description

ISSN: 2086-1362 diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, berdasarkan SK. Dekan No.: In.10/F.I/HK.00.5/0951/2014 tanggal 11 April ...