JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 3 No. 3 (2019): December 2019

PENGARUH KARTU HURUF BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BHAKTI BUNDA PADANG

Zein, Riwayati (Unknown)
Dahlia, Roza (Unknown)
Tonara, Ana Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa di TK Bhakti Bunda Padang kemampuan anak dalam merangkai huruf menjadi kata dan membaca gambar cenderung masih rendah dan belum sesuai dengan tahap perkembangannya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh kartu huruf bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak di TK Bhakti Bunda Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperimen. Sampel penelitian dengan sampling purposive terdiri dari kelas eksperimen 14 orang dan kelas kontrol 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data penelitian dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Artinya hasil pembelajaran kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat pengaruh kartu huruf bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak di TK Bhakti Bunda Padang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...