JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya
Vol 5, No 1 (2020): Juni

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Irmina Veronika Uskono (Universitas Katolik Widya Mandira)
Yohana Rina Rowa (Universitas Katolik Widya Mandira)
Melkianus Naiheli (Universitas Katolik Widya Mandira)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi belajar matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran problem posing dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian yaitu one-group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPA2 salah satu SMA Negeri di Kota Kupang dengan banyaknya sampel yaitu 20 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen. Untuk mendeskripsikan prestasi belajar, data dianalisis menggunakan kriteria kualifikasi menurut Hopkins dan Antes. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing, data dianalisis menggunakan software SPSS. Hasil analisis terhadap prestasi belajar matematika siswa diperoleh bahwa kecenderungan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing berada pada kualifikasi tinggi. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji normalitas untuk data nilai pretest dan posttest. Hasil uji menunjukkan bahwa data nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan paired sampel t-test, dan disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran problem posing terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

silogisme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Silogisme : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, adalah sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Unmuh Ponorogo) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Ponorogo. ...