Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dengan metode eksperimen pada materi perpindahan kalor kelas VII di SMP Negeri 1 Sungai Ambawang Kabupaten Kuburaya. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA di SMP Negeri 1 Sungai Ambawang diperoleh informasi bahwa dalam pembelajaran materi perpindahan kalor lebih sering menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok. Kegiatan siswa lebih banyak mendengarkan apa yang dijelaskan oleh guru dan mencatat hal-hal yang dianggap penting dari penjelasan guru tanpa menemukan dan mengetahui konsep awal. Model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) lebih mengarah pada aktivitas belajar siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Adapun jenis penelitian ini yaitu true eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Ambawang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B terpilih menjadi kelas eksperimen dan kelas VII A terpilih sebagai kelas kontrol. berdasarkan hasil analisa data menggunakan Statistik Uji-t diperoleh = 2,38 > = 1,671 karena tidak terletak pada daerah penerimaan , maka ditolak diterima.
Copyrights © 2020