Jurnal Pendidikan
Vol 8 No 2 (2020): Jurnal Pendidikan

Penerapan Pendidikan Inklusif pada Pembelajaran Taman Kanak-kanak

Putu Sri Darma Dewi (Universitas Pendidikan Ganesha)
Putu Rahayu Pujianti (Universitas Pendidikan Ganesha)
Mutiara Magta (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2020

Abstract

Abstrak: Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan seperti yang ditegaskan dalam Deklarasi Universal Hak-Hak Asasi Manusia. Maka dari itu, anak berkebutuhan khusus pun berhak mengakses pendidikan, salah satunya melalui pendidikan inklusif. Namun, pendidikan inklusif pada jenjang TK masih jarang ditemukan khususnya di Kota Singaraja. Salah satu TK di Singaraja yang menerapkan pendidikan inklusif adalah TK Rare Bali School. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan lebih dalam tentang penerapan pendidikan inklusif di TK Rare Bali School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran pada pendidikan inklusif di TK Rare Bali School terdiri dari 2 aspek yaitu komponen pendidikan inklusif dan implementasi pelayanan pendidikan inklusif. Komponen pendidikan inklusif terdiri dari kurikulum, tenaga pendidik termasuk juga guru pendamping khusus, peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus dan non berkebutuhan khusus, keterlibatan orang tua dalam pembelajaran, keuangan, dan sarana prasarana yang dapat menunjang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Implementasi pelayanan pendidikan inklusif terdiri dari proses kegiatan pembelajaran dan evaluasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...