Jurnal Literasiologi
Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Literasiologi

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) SEBAGAI PONDASI PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM ERA REVOLUSI 4.0 DAN SOCIETY 5.0: TEKNIK DAN KEBERLANJUTAN PENDIDIKAN KARAKTER

Suryawahyuni Latief (STISIP Nurdin Hamzah Jambi)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2020

Abstract

Penggunaan teknologi dan komunikasi identik dengan kehidupan sosial masyarakat di era revolusi 4.0 dan kebutuhan dalam masyarakat (society) 5.0. Hal ini memerlukan tindakan preventif terhadap dampak negatif dari perkembangan tersebut sehingga individu dapat lebih bijaksana menghadapinya. Dampak negatif perkembangan teknologi sebagai bentuk kebutuhan masyarakat 5.0 yang diperoleh melalui televisi, media cetak maupun media sosial mengarah pada timbulnya degradasi moral dalam masyarakat Indonesia, seperti meningkatnya kasus korupsi, tindakan pelecehan, penghinaan, dan sebagainya. Oleh karena itu pendidikan karakter merupakan jalan yang ditempuh pemerintah melalui kebijakan pendidikan yang tertuang dalam kurikulum pendidikan nasional. Selanjutnya, pemerintah menetapkan PAUD sebagai pondasi pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana teknik dan keberlanjutan pendidikan karakter dalam era revolusi 4.0 dan society 5.0 melalui kajian pustaka dari berbagai sumber.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...