EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 2, No 2 (2020): August, Pages 113-214

Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan Dasar terkait Standar Isi di Sekolah Dasar

Fatma Khaulani (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Sufyarma Marsidin (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Ahmad Sabandi (Unversitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

Artikel ini menganalisis kebijakan dan pengelolaan pendidikan mengenai standar isi di sekolah dasar berdasaarkan permen no 21 tahun 2016 mengenai standar isi di SD. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui kajian pustaka,  Standar isi  ialah suatu ruang lingkup materi yang menyediakan pengalaman bagi pesertadidik untuk belajar guna memberikan peningkatan  pengetahuan dan ketrampilan yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan. Standar Isi mencapai tujuan  yang merangkap  keseluruhan yang merangkup berbagaai aspek yang  hendak dipenuhi serta menjadi pengalaman belajar siswa. Tujuan dijabarkan secara universal sebagai sasaran hasil atau  tujuan yang hendak didapatkan  peserta didik. Sasaran pada kurikulum 2013 dijabarkan dalam SKL, tujuan dijabarkan dalam Standar Isi yang merupakan turunan dari SKL terdiri KI dan KD, dan program pendidikan yang objektif dituangkan dalam Standar Proses dan Standar Penilaian

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...