Deiksis
Vol 12, No 02 (2020): Deiksis

Penerapan Metode Task-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Bisnis Bahasa Inggris

Rr. Conny Riana Dewi Murtiningrum (Universitas Negeri Jakarta)
Zainal Rafli (Unknown)
Asti Purbaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis surat bisnis berbahasa Inggris pada siswa kelas XII AP1 SMK Pembangunan Jakarta melalui metode Task-Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan guru pada siklus I mendapat skor 24 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan skor 31 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas Siswa pada siklus I dengan presentase 52% meningkat pada siklus II  menjadi 83 %. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Task-Based Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat bisnis berbahasa Inggris yang ditandai dengan meningkatnya kegiatan  guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Task-Based Learning, Menulis Surat Bisnis, Bahasa Inggris

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Deiksis

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Deiksis is a journal that aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts, and theories in Indonesian language and ...