Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang terdiri dari lima kelompok dengan perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil manajemen pendidik dalam meningkatkan motivasi kerja pendidik (2) Hasil kinerja pendidik yang diajar menggunakan pembelajaran kontekstual, (3) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pendidik dalam mengelola lembaga pendidikan dasar. Populasi penelitian ini adalah guru kelas pendidikan dasar pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dan dipilih 30 pendidik sebagai sampel dengan metode cluster purposive random sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif sebagai berikut: (1) Hasil kinerja pendidik menggunakan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan motivasi kerja yang berada pada kategori tinggi dengan rata-rata adalah 75.50 dengan standar deviasi adalah 4,50 dari skor maksimal 100. Observasi menunjukkan, ada beberapa faktor yang membuat motivasi pendidik dalam meningkatkan kinerjanya yakni sekolah merdeka, murid merdeka, manajemen berbasi CTL
Copyrights © 2020