Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 1 No. 1 (2019): Islamic EduKids (Juni 2019)

ASESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (STUDI KASUS TK KHADIJAH AL-MUAYYADA SAMPANG)

Hasanah, Faizzatul (Unknown)
Uyun, Qurrotul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan deskripstif kualitatif yang dilakukan di TK Khadijah Al-Muayyada Sampang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui materi kegiatan dalammengembangkan kognitif anak, mendeskripsikan penerapan teknik asesmen (penilaian), dan hasil/dampak adanya asesmen perkembangan kognitif di TK Khadijah Al-Muayyada Sampang. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi kemudian dilanjutkan dengan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi kegiatan dalam mengembangkan kognitif anak berupa konsep bilangan, mengenal, mengelompokkan, menghubungkan dan mengurutkan benda berdasarkan ukuran, warna, bentuk, fungsi, dan ciri-ciri lainnya. Teknik penilaian yang digunakan yaitu observasi, checklist, dan hasil karya. Asesmen meiliki dampak positif dalam pencapaian perkembangan kognitif, baik untuk guru, anak didik, maupun orang tua.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IEK

Publisher

Subject

Education Other

Description

Islamic EduKids adalah jurnal ilmiah hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini. Jurnal ini dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Mataram dan terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni ...