Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBSASIS KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR

mahlianurrahman mahlianurrahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan literasi sains siswa sekolah dasar dan efektivitas Perangkat Pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian ini meliputi 9 langkah, yaitu 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; 2) perencanaan; 3) pengembangan draft produk; 4) uji coba awal; 5) merevisi hasil uji coba terbatas; 6) uji coba lapangan; 7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan; 8) uji coba lapangan operasional; dan 9) penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba produk yaitu siswa kelas V SD Mustika Denpasar. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Soal pretest-posttest digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa. Kelayakan perangkat dianalisis dengan konversi skor menggunakan skala 5. Efektivitas perangkat dianalisis dengan gain score, dan uji-t. Hasil penelitian ini berupa produk perangkat pembelajaran yang efektif diterapkan pada pembelajaran dan berpengaruh terhadap literasi sains siswa.

Copyrights © 2020