Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5 No 2 (2020): Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Powerpoint Dalam Pembelajaran Tematik

Matis Iga Raspati (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)
Heri Maria Zulfiati (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2020

Abstract

Permasalahan ialah guru belum menggunakan media pembelajaran, seperti multimedia interaktif sebagai perantara penyampaian materi kepada siswa, hal tersebutlah yang membuat masih ditemukannya siswa yang pasif selama menerima pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif menggunkan Powerpoint untuk pembelajaran tematik bermuatan ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas IV serta untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif menggunakan Powerpoint berdasarkan penilaian dari validator ahli media, ahli materi, guru kelas IV, dan respon siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode Research and Development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan multimedia interaktif menggunakan Powerpoint memiliki skor rata-rata, diantaranya ahli media pertama mendapatkan 3,25 kriteria “sangat baik” dan ahli media kedua mendapatkan 2,94 kriteria “baik”, ahli materi mendapatkan 3,60 kriteria “sangat baik” dan guru kelas IV mendapatkan 3,88 kriteria “sangat baik”. Hasil uji coba terbatas terhadap 10 siswa kelas IV mendapatkan skor rata-rata 81.37% kriteria “sangat baik” dan hasil uji coba pemakaian terhadap 21 siswa kelas IV mendapatkan skor rata-rata 84.64% kriteria “sangat baik”. Kesimpulannya berdasarkan rata-rata skor para ahli, guru kelas IV dan respon siswa kelas IV menunjukkan bahwa multimedia interaktif menggunakan Powerpoint yang berfokus pada Tema 5 yakni “Pahlawanku”, Subtema 2 yakni “Pahlawanku Kebanggaanku” pada Pembelajaran 1 dan 5 bagi siswa kelas IV SD Negeri Wirokerten Bantul memiliki kriteria “sangat baik” dan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada siswa kelas IV.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tunas

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is a Scientific Journal managed by Department of Elementary Teacher Education Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year (in March and September) by Institute for Researches and Community ...