Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5 No 2 (2020): Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Media Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Pada Kelas IV-D MIN 2 Kota Palangka Raya

Rita Rahmaniati (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Mitranita Mitranita (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas IV-D MIN 2 Kota Palangka Raya pada saat pembelajaran matematika menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan media grafis. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV-D MIN 2 Kota Palangka Raya pada saat pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan media grafis. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-D MIN 2 Kota Palangka Raya yang berjumlah sebanyak 34 orang peserta didik. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan media grafis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Meningkatnya aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan media grafis, (2) Meningkatnya hasil belajar matematika peserta didik sehingga memperoleh nilai rata-rata 81,17 dengan ketuntasan klasikal 97,05%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tunas

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is a Scientific Journal managed by Department of Elementary Teacher Education Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year (in March and September) by Institute for Researches and Community ...