COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 3, No 4 (2020)

PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAPHORICAL THINKING DAN SELF CONFIDENCE MATEMATIK

Tria Septiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2020

Abstract

Abstrak Dalam pembelajaran di sekolah Metaphorical Thingking penting untuk siswa SD karena kemampuan tersebut mampu membuat konsep abstrak menjadi konkrit agar pembelajaran dapat lebih dipahami selain itu Self Confidence penting agar siswa mampu mengembangkan kemampuannya dan mampu mandiri melakukan segala hal. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan  desain penelitian pretest-posttest. Serta subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri daerah bandung. Penelitian ini menghasilkan bahwa pendekatan RME berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan Metaphorical thinking dan self confidence siswa SD. Dengan dilihat dari perbandingan nilai tes awal(pretest) dan test akhir(posttest) serta uji statistik yang menunjukan peningkatan nilai pretest yang dihasilkan sangat rendah dan hasil posttest lebih tinggi, maka dari itu menggunakan pendekatan RME dapat meningkatan kemampuan Metaphorical thinking dan self confidence.Kata Kunci: Pendekatan RME, Kemampuan Metaphorical Thingking, Self Confidence.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...