Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan value clarification technique (VCT) menggunakan media hand puppets guna menanamkan karakter perduli sosial dan keaktifan siswa sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas empat di SD Negeri Cilumping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunnakan model spiral Hopkins dengan bentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, penerapan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode value clarification technique (VCT) melalui media hand pupents pada tema “perduli terhadap mahluk hidup” dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa sebesar 9,6% pada siklus I dan 4,8% pada siklus II, kemudian dapat pulan meningkatkan penanaman karakterperdulisosialsiswa dengan adanya peningkatan sebesar 19% pada siklus I dan 4,8% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pnggunaan metode value clarification technique (VCT) menggunakan media hand puppets guna menanamkan karakter perduli sosial dan keaktifan siswa sekolah dasar.Kata Kunci: teknik klarifikasi nilai, karakter perduli sosial, keaktifan belajar.
Copyrights © 2020