Jurnal Ilmiah Aquinas
Vol 3 No 2 (2020): Juli 2020

Perbedaan Model pembelajaran mind mapping dengan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 068003 Medan

Anzelina, Dewi (Unknown)
TAMBA, IIN PARIDA (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Mind Mapping dengan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA dengan materi perubahan wujud benda SD Negeri 068003 Medan. Populasi terdiri dari kelas I sampai kelas VI yang berjumlah 372 siswa. Sampel diambil secara sampling purposive (sampel bertujuan) sebanyak 58 siswa. Model yang digunakan dalam penelitian adalah model eksperimen one group pretest-postest design yaitu dengan memberikan pretest sebelum diberi perlakuan dan postest setelah diberi perlakuan. Model dalam penelitian ini menggunakan eksperimen yang dilakukan pada dua kelompok yaitu eksperimen I dan eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tespilihan berganda dalam materi perubahan wujud benda.Berdasarkan pengolahan data secara statistik pada kelompok I diperoleh hasil rata-rata 66,72 standar deviasi 14,21 dan standar eror 2,68 dari jumlah 29 siswa. Untuk kelompok eksperimen II diperoleh hasil rata-rata 84,31standar deviasi11,57 dan standar error 2,18 darijumlah 29 siswa. Dengan menggunakan uji “t”, diperoleh nilai thitung sebesar 5,119. Jika nilai itu dikonsultasikan dengan nilai ttabel padaderajat kebebasan (degree of freedom) = 58  dimana thitung>ttabel yaitu 5,119 > 2,001 (0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Itu berarti ada perbedaan antara model pembelajaran Mind Mapping denganPBL. Jadi dapat disimpulkan bahwa model PBL lebih baik dibandingkan dengan model Mind Mapping pada materi perubahan wujud benda terhadap hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 068003 Medan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Aquinas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 2 (dua) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Juli dan januari Setiap ...