@is The Best [Accounting Information System & Information Technology Business Enterprise]
Vol 5 No 1 (2020): @is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business

Penerapan Human Capital serta dampaknya terhadap Kualitas Pelayanan Pada Sistem Informasi Manajemen

Afriapollo Syafarudin (Faculty of Economics and Business, Mercu Buana University, Street Jatisempurna, DKI Jakarta, Indonesia)
Lesi Hertati (Departement of Accounting, STIE Rahmaniyah, Sumatera Selatan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2020

Abstract

Abstract: Sistem Informasi Manajemen adalah suatu perencanaan untuk berbagai macam pekerjaan yang ada kaitannya dengan analisis manajemen yang dapat diselesaikan dengan cepat melalui pengendalian internal seperti pemanfaatan sumber daya, dokumen, teknologi, dan akuntansi manajemen sebagai salah satu strategi dalam bisni. Sistem Informasi Manajemen dapat berjalan baik jika didukung dengan teknologi yang sempurna, sumber daya manusia yang berkualitas dan organisasi yang terakomodir dengan baik. Sistem Informasi Manajemen sangat berguna untuk mendukung fungsi manajemen, operasional dan pengambilan suatu keputusan dalam dunia bisnis. Misalnya manajer harus langsung berhadapan dengan lingkungan bisnis yang semakin kompleks atau rumit. Salah Salah satu alasannya semakin ketatnya persaingan dan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah maka lingkungan bisnis juga selalu dinamis sehingga para manajer harus membuat keputusan yang tepat dari informasi yang telah di didapatkannya untuk membuat keputusan bisnisnya. Fungsi sistem informasi manajemen adalah sebagai alat untuk penerapan dalam dunia bisnis.Penelitian ini dilakukan pada hotel berbintang di pulau Sumatera dan pulau Jawa. Realitas menyatakan banyak sistem informasi manajemen di berbagai lembaga pemerintah maupun swasta yang memiliki beragam masalah termasuk masalah perencanaan, pengendalian, dan plexibelity sehingga imformasi tidak akurat dan sulit di akses, dan tidak bisa beradaptasi dengan kompleksitas lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan human capital, kualitas pelayanan pada sistem informasi manajemen. Metode ini adalah metode deskriptif dan Explonatori, alat analisisnya adalah pemodelan persamaan struktural (SEM, Lisrel). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan human capital, kualitas pelayanan pada sistem informasi manajemen berbengaruh. Key Word: Human Capital, Kualitas Pelayanan, Sistem Informasi Manajemen

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

aisthebest

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Riset Prodi Komputerisasi Akuntansi Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia, yang didirikan pada bulan April 2012. Bergerak dibidang publikasi hasil riset ilmiah dari perpaduan berbagai disiplin ilmu, yaitu: Sistem Informasi Akuntansi, Komputerisasi Akuntansi, Sistem ...