Usaha Abon UKM Mutiara âHj. Mbok Sriâ di Kota Palu merupakan salah satu industri rumah tangga.UKM ini merupakan salah satu industri yang memproduksi produk abon sapi di Kota Palu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan usaha abon sapi pada UKM Mutiara âHj. Mbok Sriâ, serta manfaat dari penelitian ini memberikan masukan bagi program usaha abon sapi pada UKM Mutiara âHj. Mbok Sriâ dalam menentukan arah dan pedoman pengembangan usaha. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor perkembangan usaha abon sapi pada UKM Mutiara âHj. Mbok Sriâ yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal memiliki total nilai sebesar 3,4 dengan skor kekuatan 2,36 dan skor kelemahan 1,04. Hal ini menunjukkan faktor kekuatan yang dimiliki lebih besar dari faktor kelemahan, sedangkan untuk faktor eksternal memiliki total nilai sebesar 3,23 dengan skor peluang 2,21 dan skor ancaman 1,02. Hal ini menunjukkan faktor peluang yang dimiliki lebih besar dari faktor ancaman, sehingga disimpulkan bahwa alternatif strategi yang digunakan untuk pengembangan usaha abon sapi pada UKM Mutiara âHj. Mbok Sriâ yaitu dengan menggunakan strategi SO dimana usaha abon sapi pada UKM Mutiara âHj. Mbok Sriâ dapat menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada.
Copyrights © 2014