Jurnal Isema : Islamic Educational Management
Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Islamic Educational Managament

MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QURAN BERBASIS METODE TILAWATI

Heri Khoiruddin (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Adjeng Widya Kustiani (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

SD Istiqamah Kota Bandung merupakan yayasan sekolah yang memiliki konsep islami dengan memfokuskan terhadap pembelajaran Al-Quran, hal yang menjadi permasalahan dalam pembelajaran Tahsin Al-Quran tersebut siswa merasa bosan dan kurang bersemangat. Tetapi dengan merubahnya metode yang digunakan dengan metode tilawati siswa memiliki kemajuan dalam pembelajaran Tahsin Al-Quran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: hasil yang dicapai dalam Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Quran di SD Istiqamah Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode peneltian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan teknik studi dokumentasi. Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Quran dilakukan mulai Perencanaan, Pelaksanaan dan Penilaian sehingga pembelajaran Tahsin Al-Quran berjalan secara efektif dan efisien. Pengikatan kualitas pendidik, sarana dan prasarana pun terus dilakukan di SD Istiqamah Kota Bandung. Sehingga menghasilkan siswa yang lancar dalam bacaannya serta bisa melanjutkan ketahap Tahfidz Al-Quran dan menyelesaikannya sebanyak 2 juz.Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran Tahsin Al-Quran

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

isema

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL IsEMa (Islamic Educational Management) ialah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Laboratorium Jurusan/Prodi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ini memfokuskan diri pada kajian ilmu manajemen pendidikan Islam. ...