Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 6 No. 1 (2020)

Keefektifan Teknik Imagine terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo

Sehe (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model eksperimen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan teknik imagine terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo. Teknik pengambilan sampel diambil secara purposive sampling. Tujuh kelas homogen dirandom untuk menentukan dua kelas perlakuan. Dari dua kelas terpilih, dirandom kembali untuk menentukan satu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perlakuan pada kelas eksperimen adalah menerapkan teknik imagine (khayalan visual) terhadap kemampuan menulis puisi bebas dan kelas kontrol tanpa menerapkan teknik imagine (khayalan visual). Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian ujian atau tes. Analisis statistika yang digunakan untuk mengolah data hasil penelitian adalah analisis statistika deskriptif dan inferensial. Kemampuan siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Palopo yang menerapkan teknik imagine (khayalan visual) dan kemampuan kelas kelas VIII D SMP Negeri 2 Palopo yang tanpa menerapkan teknik imagine (khayalan visual). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teknik Imagine efektif digunakan terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo. Keefektifan yang dimaksud berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 73,96 dari skor ideal 100 dan standar deviasi 11,70.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...