Jurnal Basataka (JBT)
Vol. 3 No. 1 (2020): Juni 2020

BENTUK TANDA DALAM WACANA IKLAN ADVERTORIAL MEDIA MASSA CETAK

Nurhusna Nurhusna (UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap bentuk tanda dalam wacana iklan advertorial media massa cetak. Wacana iklan advertorial dikumpulkan dengan memilih iklan advertorial dalam bentuk barang dan jasa yang terdapat di surat kabar Kompas dan Jawa Pos sebagai sumber data penelitian. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan menggambar kesimpulan berdasarkan teori Milles dan Huberman (1984-1994). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tanda yang ditemukan terdiri dari penanda budaya dan penanda sosial. Penanda budaya terdiri dari (1) cara memakai produk, (2) cara memelihara dari produk. Penanda Sosial terdiri dari (1) hidup tradisonal dan (2) hidup modern. Tanda tersebut secara keseluruhan digunakan oleh pemilik modal sebagai model strategi menarik konsumen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BASATAKA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian ...