JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Vol 3, No 3 (2020): Junal Pemasaran Kompetitif

Respon Konsumen Terhadap Image Appeal Iklan di Media Sosial: Studi Pada Instagram UKM Rendang Gadih Payakumbuh

Irwan Zaini (Universitas Andalas)
Dessy Kurnia Sari (Universitas Andalas)
Danny Hidayat (Universitas Andalas)
Donard Games (Universitas Andalas)
Hutria Yosmarisa (Universitas Andalas)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Studi  ini bertujuan untuk mempelajari pendapat konsumen terkait dengan iklan di media sosial yang menampilkan gambar dan video. Lebih lanjut, dipelajari pandangan follower Instagram sebuah UKM di Sumatera Barat terhadap image appeal yang ditampilkan. Penelitian ini melakukan konten analisis untuk melihat respon dari ribuan konsumen yang merupakan Follower dar Instagram Rendang Gadih, Payakumbuh, Sumatera Barat, untuk mengetahui kategori iklan media sosial dengan respon dan interaksi  terbanyak. Selanjutnya, secara kuantitatif, dilakukan survey pada 100 orang Follower Instagram Rendang Gadih. Temuan memperlihatkan bahwa pada Instagram Rendang Gadih Payakumbuh, konsumen menilai gambar yang baik adalah ketika gambar dan video memperlihatkan tampilan produk baik dalam bentuk kemasan maupun saran penyajian yang ditampilkan oleh food vlogger. Video dengan tayangan terbanyak adalah video dengan menampilkan artis ternama Indonesia. Pilihan gambar dan video yang tepat ini membuat konsumen tidak bosan terhadap tampilan sebuah akun media sosial. Dengan Image Appeal yang tepat, konsumen akan merasa ingin terlibat dalam interaksi pada media sosial.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu ...