Marketing communication mempunyai peranan penting bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Begitu pula yang diupayakan oleh Harian Kompas dalam proses regenerasi konsumennya agar bisa diminati juga oleh pembaca muda melalui kegiatan marketing communication. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendekatan komunitas Kompas Muda Jakarta dalam kegiatan marketing communication Harian Kompas. Teori yang digunakan pada penelitian ini ialah teori Fisher dan Hawes dengan model sistem interaksi dalam dua dimensi yaitu dimensi isi dan dimensi hubungan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis. Metode penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data ialah wawancara kepada informan yaitu pada divisi marketing communication Harian Kompas dan anggota komunitas Kompas Muda batch Jakarta yang menjadi pusat komunitas. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber untuk teknik keabsahan data. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Dimensi isi pada komunikasi kelompok komunitas Kompas Muda Jakarta ialah dalam bentuk sosialisasi dan edukasi terhadap anggota Kompas Muda Jakarta terkait brand Harian Kompas dan dimensi hubungan pada komunikasi kelompok komunitas Kompas Muda Jakarta ialah dengan membangun relationship di antara anggota komunitas maupun antara pihak Kompas dengan anggota komunitas yang nantinya berkembang ke arah kohesivitas kelompok komunitas Kompas Muda Jakarta.
Copyrights © 2020