Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Vol 4, No 1 (2020)

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGKLASIFIKASI (WARNA, BENTUK, DAN UKURAN) MELALUI KEGIATAN EKSPLORASI

Lathifah, Inayatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam klasifikasi benda (bentuk, warna, dan ukuran) melalui kegiatan eksplorasi pada Kelompok Ibnu Sina I TK Qurrota A?yun Cilacap.  Penelitan ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Setiap siklus terdiri dan 2 kali pertemuan. prosedur tindakan penelitian dimulai dari perencanaan, perlakuan atau pemberian tindakan, dan pengamatan, dilanjutkan dengan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah ditandai dengan meningkatnya kemampuan kognitif dalam klasifikasi benda selama proses pembelajaran berlangsung dengan hasil skor rata rata minimal 75 % dengan kriteria sangat baik dari jumlah anak pada masing-masing indikator untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam klasifikasi benda anak usia 4-5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan Kognitif Kelompok A Ibnu Sina I TK Islam Qurrota A?yun Cilacap dalam klasifikasi (warna, bentuk, dan ukuran) dapat ditingkatkan dengan kegiatan eksplorasi. adanya peningkatan Kemampuan Kognitif dalam klasifikasi pada setiap siklusnya. Pada kegiatan Pra Tindakan adalah 52, 60 %, kemudian di Siklus I mengalami peningkatan pada Pertemuan I menjadi 56, 77 % dan di Pertemuan II meningkat menjadi 61,97 %. Sedangkan di kegiatan Siklus II pada  Pertemuan I meningkat menjadi 85,41 % dan Siklus II di Pertemuan II meningkat menjadi 90,10 %.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pancar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar) is a journal comprising a collection or compilation of researches in the field of education either containing innovation research, development research, educational experiments, or Classroom Action Research (PTK) from elementary school level to ...