Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
Vol 3, No 01 (2020)

Komunikasi Politik Identitas K.H. Ma’ruf Amin sebagai Strategi Depolarisasi Agama pada Kontestasi Demokrasi Pilpres 2019

Saeful Mujab (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Jl. Perjuangan No.81, Marga Mulya, Kota Bekasi 17143 - Indonesia)
Azhar Irfansyah (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Jl. Perjuangan No.81, Marga Mulya, Kota Bekasi 17143 - Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2020

Abstract

Ketika Joko Widodo mengumumkan K.H Ma’ruf Amin menjadi pendampingnya sebagai calon wakil presiden pada pilpres 2019, muncul pertanyaan apakah pemimpin berusia lanjut, tradisional, dan lowprofile mampu menjawab dinamika politik yang sedang terjadi di Indonesia. Ternyata personal branding Ma’ruf Amin menjadi alasan bagi Joko Widodo untuk memilihnya. Diskusi brand ditawarkan oleh Lilleker dan Jackson serta Busby dan Cronshaw. Lilleker dan Jackson menyoroti tantangan yang ditimbulkan personal branding bagi partai-partai tradisional, sedangkan Busby dan Cronshaw mengeksplorasi kemungkinan yang terbuka untuk bentuk-bentuk baru mobilisasi politik dan branding partisipasi. Salah satu unsur penting dalam komunikasi politik adalah aktor politik. Di antara langkah aktor politik adalah personal branding. Dengan demikian, menjadi penting menguak komunikasi politik identitas Ma’ruf Amin pada kontestasi demokrasi Pilpres 2019. Dengan menggunakan metode penelitian fundamental literature riview, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mampu tidaknya komunikasi politik identitas Ma’ruf Amin menarik simpati di hadapan branding partisipasi politik 212 pada pemilihan presiden dan wakil presiden 2019. Hasil penelitian menunjukkan, personal branding Ma’ruf Amin sebagai tokoh Islam ternyata belum mampu menarik simpati di hadapan branding partisipasi politik 212 yang berbasis Islam.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

WartaISKI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific ...