MES: Journal of Mathematics Education and Science
Vol 5, No 2 (2020): Edisi Juni

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL TEAM GAMES TURNAMEN (TGT) MENGGUNAKAN PEMECAHAN SOAL BERKONTEKS CERITA RAKYAT SUMUT DI KELAS V SD

Arie Candra Panjaitan (AMIK Medicom, Medan, Sumatera Utara)
Suvriadi Panggabean (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan, Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2020

Abstract

AbstractResearch conducted on the class V students of SD by applying the model Team Games Tournament (TGT) which contextual folklore of North Sumatra in the sub subject of integer operations. This research aims to improve students' motivation to learn mathematics class V Field Elementary School.This research is an action research and the analyzed data are quantitative data and qualitative data. The results showed differences in learning motivation of fifth grade elementary school students using the Team Games Tournament (TGT) model in learning integers from low to high. The results showed an increase in students' mathematics learning activities Keywords: folklore contextual problem solving, Team Games Tournament (TGT) Abstrak. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas V SD dengan menerapkan model Team Games Turnamen (TGT) yang berkonteks cerita rakyat Sumatera Utara pada sub pokok bahasan operasi bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan dan data yang dianalisa adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD mengunakan model Team Games Turnamen (TGT) dalam pembelajaran bilangan bulat dari tergolong rendah menjadi  tergolong tinggi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika siswa.  Kata kunci : Pemecahan soal berkonteks cerita rakyat, Team Games Turnamen (TGT)

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mesuisu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MES (Journal of Mathematics Education and Science) diterbitkan secara berkala pada bulan April dan Oktober oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini membahas tentang kajian dibidang pendidikan matematika, pembelajaran matematika berbasis ICT dan ...