Penelitian ini bertujuan menguji kompetensi pedagogik dan motivasi terhadap efikasi diri guru.Penelitian ini memakai sampel guru di wilayah gugus VI kelurahan Palmerah Jakarta Barat sebanyak60 guru. Metode penelitian menggunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitianmenunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik dan motivasi terhadapefikasi diri guru. Analisis data digunakan uji signifikansi koefisiensi jalur variabel kompetensipedagogik dengan efikasi diri guru diperoleh nilai koefisien thitung 3,60. Nilai koefisien ttabel yaitu 3,60> 2,61 yang artinya kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri,analisis data variabel motivasi dengan efikasi diri diperoleh nilai koefisien thitung 5,04. Nilai koefisienttabel yaitu 5,04 > 2,61 yang berarti motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri,dan analisis data variabel kompetensi pedagogik dengan motivasi diperoleh nilai koefisien thitungsebesar 3,21. Nilai koefisien ttabel yaitu 3,21 > 2,62 artinya kompetensi pedagogik berpengaruh positifdan signifikan terhadap motivasi.
Copyrights © 2020