Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui aplikasi model Cooperative Learning tipe Discovery-Inquiry dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu, dengan subyek penelitiannya berjumlah 31 0rang yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan.Metode pengumpulan datanya: observasi dan wawancara untuk mendapatkan data aktivitas belajar siswa, dan metode tes (post test) untuk mendapatkan data prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah analisis diskritif kualitatif, artinya: memaparkan aktivitas pembelajaran siswa berdasarkan hasil pengumpulan data melalui observasi dan wawancara secara naratif dan memaparkan perkembangan prestasi belajarnya melalui metode pengumpulan data tes.Hasil penelitianmenunjukakan : Aktivitas belajar siswa pada siklus I menunjukkan hasil 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 81%, dan prestasi belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 75,81, daya serap 75,81%, dan ketuntasan belajar sebesar 58%. Hasil ini meningkat pada siklus II yaitu nilai rata-rata kelas sebesar 85,65, daya serap 85,65% dan ketuntasan belajar sebesar 100%.Berdasarkan hasil penelitian ini, maka aplikasi Model Cooperative Learning tipe Discovery-Inquiry ternyata dapat meningkatkan Aktivitas dan Prestasi belajar.Maka dari itu diharapkan guru bidang studi Pendidikan Agama Hindu,agar menerapkan metode ini semaksimal mungkin dalam proses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013