Jurnal Penelitian Agrisamudra
Vol 7 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Agrisamudra

Analisis Pemasaran Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Kota Langsa

Fiddini Alham (Fakultas Pertanian UNSAM)
Silvia Anzitha (Unknown)
Muslimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kota Langsa, dengan menggunakan dua pendekatan yaitu marjin pemasaran dan farmer’s share. Objek penelitian adalah petani sawit di Kota Langsa, dengan jumlah sampel petani sebanyak 50 orang, dan sampel lembaga pemasaran menggunakan metode snowball sampling. Dari penelitian didapatkan hasil marjin pemasaran di agen pada saluran pemasaran I adalah Rp. 286,00, sedangkan keuantungan yang diterima agen adalah Rp. 106,00. Untuk saluran pemasaran II, peneliti hanya mendapatkan informasi harga jual petani dan harga beli di tingkat pabrik yaitu Rp. 1.080,00. Marjin pemasaran untuk saluran pemasaran II adalah nol. Nilai farmer’s share terbesar yaitu 100% berada pada saluran pemasaran II, dengan marjin pemasaran sebesar nol. Sehingga disimpulkan bahwa saluran pemasaran II lebih efesien dari pada saluran pemasaran I.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jagris

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Focus and Scope Agricultural Economic, Agribussiness Management, Entrepreneurship, Agricultural Marketing, Agricultural Policy, Farmer Empowerment, Agricultural Communication ...