Penelitian ini berjudul Implementasi Pendidikan Nilai dan Konsep Masyarakat Madani dalam Pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi pendidikan nilai dan konsep masyarakat madani dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Globalisasi yang identik dengan modernitas membawa dampak negatif berupa degradasi moral generasi muda. Indikasi dari degradasi moral generasi muda seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas, tidak kekerasan, pencurian dan lainnya membuat perlu adanya suatu perubahan. IPS sebagai salah satu mata pelajaran pada jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama menjadi salah satu mata pelajaran yang dapat digunakan untuk mendidik moral generasi muda. Implementasi pendidikan nilai dan konsep masyarakat madani yang mengedepankan sikap egaliterianisme, pemberian penghargaan kepada seseorang berdasarkan prestasi bukan berdasar rasa atau kesukuan, keterbukaan partisipasi seluruh anggota masyarakat, penegakan hukum dan keadilan, toleransi dan pluralisme, serta prinsip musyawarah dapat dijadikan sebagai acuan dalam pembelajaran IPS.
Copyrights © 2020