Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi

HUBUNGAN TINGKAT PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEBUTUHAN ANAK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA (SD NEGERI KEJAKSAAN RANGKASBITUNG KABUPATEN LEBAK)

Afrida, Tjut (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2017

Abstract

Penelitian bertolak dari pemikiran bahwa perhatian orang tua secara langsung akan berpengaruh terhadap motivasui belajar anak yang ujungnya berdampak terhadap prestasi belajar anak di sekolah. Untuk itu, penelitian ini berusaha menguji apakah benar ada hubungan antara perhatian orang tua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak dengan prestasi belajar siswa di sekolah. Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam mengembangkan pengetahuan dalam bidang proses belajar mengajar dan bermanfaat bagi orang tua dalam rangaka memikul tanggung jawab pendidikan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kortesional. Jumlah populasi 72 siswa, ukuran sampel diambil sebesar 25 % (18 siswa). Pengambilan sampel dilakukan secara acak proporsional. Tehnik pengumpulan data mengutamakan angket dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik dan statistik uji yang digunakan adalah korelasi rank dari Spearman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi sebesar 0.702 antara tingkat perhatian orang tua terhadap kebutuhan anak dengan prestasi belajar. Korelasi ini signifikan pada alpha 0,01. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan hubungan yang signifikan antara tingkat perhatian orang tua terhadap kebutuhan anak dan prestasi belajar siswa dapat diterima. Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Kebutuhan Anak Dan Prestasi Belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpds

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi digagas untuk memberi wadah publikasi bagi dosen, guru, peneliti dan praktisi Pendidikan Dasar yang bertujuan untuk menampung gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil penelitian pada sekolah ...